Kamis, 20 Oktober 2011

Hubungan antara Tulang, Oto, Sendi, dan Ligamen serta Fungsinya dalam Mekanisme Gerak

Sistem gerak pada manusia terdiri dari tulang, otot dan persendian (dibantu oleh tendon, ligamen dan tulang rawan). Sistem ini memungkinkan Anda untuk duduk, berdiri, berjalan atau melakukan kegiatan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.
Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia  ada 2 macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Gerakan tubuh dimungkinkan oleh kerja sama antar tulang dan otot, otot memiliki gaya mengerut menggerakan tulang atau kulit. Otot disebut  alat gerak aktif karena kemampuannya berkontraksi.Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat melakukan pergerakkannya sendiri. Tanpa adanya alat gerak aktif yang menempel pada tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

Untuk melakukan berbagi gerakan, dibutuhkan alat yang berperan dalam mempertahankan kelenturan kerangka tubuh, yaitu sendi. Sendi merupakan hubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan.Tanpa persendian, kita tidak mungkin bisa melakukan berbagai gerakan.
Salah satu komponen penunjang sendi yaitu Ligamen  adalah jaringan pengikat yang mengikat luar ujung tulang yang saling membentuk persendian, sehingga tanpa adanya  ligamen maka antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya tidak akan menyatu dan tidak mungkin bisa melakukan gerak saat otot berkontraksi. Walaupun bisa, gerakan yang ditimbulkan tidak akan sempurna .


Sumber:
http://musyawarahipa.wordpress.com (Diakses 9 maret 2011)
http://zaifbio.wordpress.com (Diakses 9 maret 2011)
http://kamuspengetahuan.blogspot.com (Diakses 9 maret 2011)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar