Kamis, 20 Oktober 2011

Olahraga Petualangan

Perkembangan olahraga petualangan di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Terlihat dari semakin banyaknya tempat  tempat yang menyediakan fasilitas olahraga ini baik olahraga dayung, parasuting maupun panjat. Walaupun tergolong olahraga berbahaya , namun tidak menyurutkan para peminatnya u ntuk menikmati sensasi yang diberikan olahraga petualangan ini. Seiring tuntutan jaman yang menginginkan kemudahan  kemudahan, maka dibuatlah konsep buatan untuk fasilitas  fasilitas olahraga panjat, rafting dan parasuting tanpa menghilangkan essensi dari olahraga ini. Selain memberi kemudahan pada pengunjung untuk menikmati olahraga ini, juga akan memberikan perlindungan ekstra.
Olahraga Petualangan adalah kegiatan olahraga yang bersifat alam bebas,atau bisa dibilang olahraga yang dilakukan di alam bebas. Olahraga petualangan berbeda dengan dengan olahraga yang biasa kita lakukan, itu karena olahraga petualangan  memerlukan tingkat fisik dan mental yang baik, dan juga perbedaan yang sangat mencolok adalah terdapat pada  musuh dari olahraga petualangan, yaitu alam atau medan dimana kita melakukan olahraga ini.

LANGKAH BERPETUALANG YANG BAIK

Dalam melakukan kegiatan di alam bebas terbuka sebaiknya kita dapat mengatur dengan baik segala yang berhubungan dengan kegiatan itu sendiri. Hal ini kita lakukan agar perjalanan kita dapat berjalan baik, bahkan mungkin tanpa suatu halangan apapun. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan antara lain;
- Perencanaan Perjalanan
Adalah segala hal yang kita siapkan sebelum, selama dan sesudah suatu kegiatan alam bebas terbuka. Dengan begini kegiatan itu nantinya dapat dinikmati dengan baik orang-orang yang ikut dalam kegiatan tersebut. Hal-hal yang termasuk diantaranya;
- Pemilihan lokasi
Walaupun kita mungkin belum pernah tempat yang akan dituju, sebaiknya kita mengumpulkan informasi tentang tempat tersebut, baik melalui teman ataupun study literatur yang diperoleh dari media informasi yang ada (majalah, internet dsb)
- Peta
Akan lebih baik lagi jika kita dapat memperoleh peta, minimal topografi lokasi tersebut. setidak-tidaknya kita mempunyai gambaran tentang kondisi geografisnya.
- Perizinan
Ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada petugas setempat, kalau kita berada dalam wilayah kerjanya. Apalagi jika kita ia lebih mengetahui kapan kita keluar dari wilayahnya.
- Fisik
Dengan kondisi fisik dan mental yang lebih siap, akan memermudah kita melakukan suatu kegiatan di alam bebas terbuka. Apalagi jika kita sering berolahraga yang mendukung kegiatan alam bebas ini seperti; jogging, bersepeda dan lainnya.
- Pemahaman Lokasi
Dengan memperoleh data tentang kondisi alam lokasi yang akan kita tuju, setidak-tidaknya kita dapat menyesuaikan peralatan apa saja yang akan kita bawa.
- Mengecek Peralatan
Ini penting untuk dilakukan sebelum kita akan melakukan suatu kegiatan. jangan sampai peralatan yang kita bawa malah tak berguna sama sekali karena rusak, atau hanya memberatkan saja.
Adapun jenis-jenis olah raga petualangan antara lain Panjat tebing, Arung jeram, Diving, Mountaineering atau mendaki gunung,dan lain-lain

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar